Posted by: titienimawati | July 2, 2009

Berciuman untuk Obati Stres


ciumSTRES kini bukan lagi kata asing. sedikit-dikit kita mengaluh stress. Kita bahkan sering menjadikannya alas an untuk marah atau suasana hati yang buruk.

Masalahnya jika tidak dikelola dengan baik stress akan menghasilkan efek samping yang serius dalam terhadap kasehatan dan kebahagiaan.

Mengelola stress tidak bisa dibilang mudah, meskipun bukan juga hal yang sulit. Ada cara-cara alami yang sekaligus menyenangkan. Benar-benar tanpa obat sehingga tidak menghasilkan efek samping.

1. Berciuman

Saat kita melakukan aktivitas menyenangkan ni. otak mengeluakan hormone oxytosin yang berdampak turunnya tekanan darah, menenangka syaraf, dan menjinakkan ketegangan.

cium 2

2. Makan Bawang Putih

Saat dicerna, bawang putih mengeluarkan kandungan utama yang disebut organosufur allicin. Zat inilah yang memicu tubuh memproduksi hydrogen sulfide. Gabungan keduanya menciptakan reaksi dalam tubuh yang melegakan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah.

3. Makan Coklat

Resep lama ini tentu sangat disukai. Kandungan antioksidan flavonoid dalam coklat mampu meminimalkan resiko sakit jantung, menurunkan tekanan darah, melancarkan aliran darah dan menenangkan stress. Namun, pilih coklat yang rendah lemak. kalau tidak bisa-bisa sress hilang tetapi badan melar.

4.Menggosok Hoku

Menurut ilmuan dari universitas politeknik Hongkong, stress bisa di kurang dengan menggosok hoku, yaitu area yang menghubungkan jari telunjuk dengan ibu jari.

5. Tertawa

Sering-serringlah nonton program komedi atau membaca cerita lucu karena tertawa terbukti mamapu meredakan stress. Jangankan tertawa, saat mengharapkan kisah lucu pun, tubuh kita melepas hormone stress seperti dopac, cortisol, dan epinephrine.

  1. 6. Berkebun

Penelitian menunjukan bahwa tanaman dan bunga disekitar kita bisa menimbulkan suasana hati yang positif serta menurunkan tingkat5 stress. Berinteraksi dengan alam melalui berkebun menimbulkan efek ketenangan.

  1. 7. Agak berantakan

Menurut dosen bisnis Columbia School Eric Abrahamson dan wartawan David H Freedman, ‘ kamar atau ruang kerja sedikit berantakan justru memperkaya kreativitas dan meminimalkan kegelisahan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: