Posted by: titienimawati | July 2, 2009

Gaya Hidup Anti keriput

ld

Punya kulit mulus dan bebas keriput menjadi idaman banyak orang. Namun, gaya hidup dan lingkungan berpengaruh besar terhadap kondisi kulit.

Berikut ini tip mudah untuk menjaga kelembaban kulit dan mencegah keriput datang lebih cepat:

  1. Jaga kelembaban rumah anda
  2. Bertemanlah dengan air dengan cara lebih sering membasuh atau sekedar memercikan air pada kulit.
  3. Lendir lidah buaya bisa menjadi pelembab yang bagus.
  4. Madu juga bagus untuk kulit. kita bisa menggunakannya sebagai masker dengan menambahkan vitamin E di dalamnya, biarkan selama 10 menit lalu basuh dengan air hangat. Ramuan ini untuk menghaluskan wajah.
  5. Jangan malas menggunakan pelembab, pilih yang cocok dengan kondisi kulit.
  6. Resep sayur dan buah selalu manjur,baik untuk di makan maupun dijadikan bahan perawatan kulit.
  7. Buatlah masker sendiri dengan bahan buah-buhan seperti stroberi, pisang dan mentimun. selain menyegarkan masker masker berbahan buah ampuh untuk menghaluskan kulit karena bisa mengangkat kulita mati.
  8. Oleskan vitamin E langsung pada kulit yang keriput.md
  9. Pastikan makanan anda mengandung minyal omega -3
  10. Ini resep lama, yaitu minum air putih.
  11. Last but not last, tidur cukup akan memberi kulit kesempatan untuk memperbaiki sel-selnya yang telah rusak.
Advertisements
Posted by: titienimawati | July 2, 2009

Berciuman untuk Obati Stres


ciumSTRES kini bukan lagi kata asing. sedikit-dikit kita mengaluh stress. Kita bahkan sering menjadikannya alas an untuk marah atau suasana hati yang buruk.

Masalahnya jika tidak dikelola dengan baik stress akan menghasilkan efek samping yang serius dalam terhadap kasehatan dan kebahagiaan.

Mengelola stress tidak bisa dibilang mudah, meskipun bukan juga hal yang sulit. Ada cara-cara alami yang sekaligus menyenangkan. Benar-benar tanpa obat sehingga tidak menghasilkan efek samping.

1. Berciuman

Saat kita melakukan aktivitas menyenangkan ni. otak mengeluakan hormone oxytosin yang berdampak turunnya tekanan darah, menenangka syaraf, dan menjinakkan ketegangan.

cium 2

2. Makan Bawang Putih

Saat dicerna, bawang putih mengeluarkan kandungan utama yang disebut organosufur allicin. Zat inilah yang memicu tubuh memproduksi hydrogen sulfide. Gabungan keduanya menciptakan reaksi dalam tubuh yang melegakan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah.

3. Makan Coklat

Resep lama ini tentu sangat disukai. Kandungan antioksidan flavonoid dalam coklat mampu meminimalkan resiko sakit jantung, menurunkan tekanan darah, melancarkan aliran darah dan menenangkan stress. Namun, pilih coklat yang rendah lemak. kalau tidak bisa-bisa sress hilang tetapi badan melar.

4.Menggosok Hoku

Menurut ilmuan dari universitas politeknik Hongkong, stress bisa di kurang dengan menggosok hoku, yaitu area yang menghubungkan jari telunjuk dengan ibu jari.

5. Tertawa

Sering-serringlah nonton program komedi atau membaca cerita lucu karena tertawa terbukti mamapu meredakan stress. Jangankan tertawa, saat mengharapkan kisah lucu pun, tubuh kita melepas hormone stress seperti dopac, cortisol, dan epinephrine.

  1. 6. Berkebun

Penelitian menunjukan bahwa tanaman dan bunga disekitar kita bisa menimbulkan suasana hati yang positif serta menurunkan tingkat5 stress. Berinteraksi dengan alam melalui berkebun menimbulkan efek ketenangan.

  1. 7. Agak berantakan

Menurut dosen bisnis Columbia School Eric Abrahamson dan wartawan David H Freedman, ‘ kamar atau ruang kerja sedikit berantakan justru memperkaya kreativitas dan meminimalkan kegelisahan.

Posted by: titienimawati | July 2, 2009

Enam Warna Kesehatan

Tahukah anda bahwa menambahkan warna pada makanan bisa menambah usia?

Yang dimaksud tentu bukan pewarna buatan, melainkan variasi pada makanan.

Kita tahu bahwa sayur dab buah memiliki zat warna alami.warna-warna itu menunjukan kemampuan yang dimiliki setiap jenis buah dan sayur.

coba kita bayangkan kuatnya warna merah pada tomat matang, stroberi, dan papaya. Atau warna jingga yang cerah pada wortel dan hijau brokoli dan bayam, serta warna unggu pada anggur.

Penelitian mengungkap bahwa buah dan sayur berwarna angat berguna bagi kesehatan manusia karena zat warna alami itu mengandung phitonurients yang mampu melawan penyakit.

Kekuatanya berfungsi seperti polisi yang melawan radikal bebas penyebaba kanker serta resiko penyakit jantung, diabetes, osteoporosis, dan sebagainya.sayur

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah dan sayur berwarna:

  • Warna merah pada tomat membantu mengurangi resiko penyakit jantung, kanker postate dan beberapa jenis kanker lain.
  • Warna kuning pada jagung melindungi kita dari degenerasi macula ( titik kuning dekat kornea mata ), penyebab utama kebutaan pada kaum lanjut usia.
  • Warna oranye pada wortel dan ubi membantu mencegah penyakit jantung dengan cara menurunkan kolestrol dan mengurangi resiko stroke.
  • Warna hijua pada sayuran melindungi kita dari kanker.
  • Warna unggu pada anggur membantu melawan penyakit jangtung.

Secara artistic variasi warna di atas piring tentu akan terlihat makin cantik.

Posted by: titienimawati | July 2, 2009

Cara Alami Atasi Pusing dan Migrain

Sakit kepala sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Konsentrasi berkurang hingga bisa mengagalkan urusan pekerjaan. Kita cenderung mengambil langkah mudah, yakni minum obat penghilang rasa sakit tanpa resep dokter.

Tindakan ini tidak sepenuhnya benar. Sebab, sebelm memasukkan bahan kimia kedalam tubuh, ada cara alami untuk usir sakit kepala atau migrain.sakit kepala

Usir sakit kepala

  • Jahit bantal berisi bunga lavender kering, simpan dalam freezer di lemari es. Saat sakit kepala menyerang, kompres kepala dengan bantal tersebut. Aroma lavender dan rasa dingin membuat kepala terasa rileks.
  • Penelitian menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi makanan segar dan masih baru dua magkuk sehari, risiko sakit kepala akan berkurang hingga 70 persen. Sayuran dan buah kaya fitonutrient, zat yang mampu mengurangi rasa sakit pada pembuluh darah diotak.

Usir migrainskt kpl

  • Berdasar penelitian, mengonsumsi 50-75 mg ekstrak butterbur dua kali sehari mampu mengurangi serangan migraine. Butterbur adalah tanaman yang daunnya berfungsi seperti anthistamin.
  • Perbanyak asupan selenium, zat besi, vitamin E, dan C supaya mencegah serangan migrain. Atau dua hingga tiga cangkir the hijau setiap hari.
  • Pijat jari (acupressure) di daerah kepala.

( Sumber: Majalah Health & Beauty )

Posted by: titienimawati | July 2, 2009

Emosi di balik Tubuh Sakit

Banyak ahli mengatakan bahwa rasa sakit pada tubuh disebabkan aktivitas kita sepanjang hari atau bahkan karena kita kurang bergerak. Namun, pendapat berbeda menyebut bahwa rasa sakit itu dipengaruhi emosi kita.

pinggang

Ada kalanya kita merasakan pegal-pegal meskipun sebelumnya tidak melakukan aktivitas fisik yang melelahkan. orang berpendapat pegal-pegal yang ini disebabkan kita kurang bergerak hingga tubuh merasa kaku.

Soal ini Deb Shapiro, penulis buku Your Body Speaks Your Mind,mengemukakan pendapat berbeda. Menurutnya rasa sakit yang kita rasakan merupakan akibat kondisi emisi kita.

Jadi, cara penyembuhannya tidak hanya menempelkan koyo atau balsam antipegal. yang lebih penting justru mengobati emosi, pikiran dan perasaan.

Jika leher sakit….

Leher merupakan komunikator dua jarah. Anda makan, minum dan bernafas melalui leher. Bersamaan dengan itu, emosi, perasaan, dan pikiran terungkap melalui suara anda. leher dan kaki mengindikasikan perlawanan atau penolakan, biasanya terkait dengan pikiran atau pendapat yang bersebrangan.

Jika bahu sakit….

Bahu merupakan tempat anada memikul eluruh tanggung jawab. Energi kreatif mengalir dari sini, bergerak menuju lengan da tangan, akhirnya muncul sebagai pekerjaan yang anda lakukan.

Bahu yang terasa tegang mengindikasikan perlawanan, sama dengan leher. Mungkin, banyaknya tanggung jawab yang harus dipenuhi serta tekanan bagaimana anda harus bersikap menjadi pemicunya.

Jika punggung atas Sakit….

Bagian ini merupakan sisi terbalik jatung berada. Tempat anda menahan semua kemarahan, dendam, rasa bersalah, atau malu.

Jika punggung bagian tengah sakit….

Bagian tubuh ini mermungkinkan anda bungkuk atau bergerak. Mewakili fleksibilitas kemampuan psikologi atau emosi anda. Rasa kaku pada area ini menunjukan kekakuan emosi anda. Seperti menahan rasa takut atau merasa tidak mampu mengikuti arah kehidupan yang anda jalani.

Jika punggung bawah sakit….

Bagia ini mendukung seluruh berat badan anada dan terkait bagaimana anda menata hidup. Seperti cara bertahan, keamanan, dan keyakinan diri.

Jika anda merasatidak aman, atau tidak mampu memenuhi harapan orang lain, punggung bawah anda akan merasa sakit seperti ditekan.

Jika pantat sakit….

Meski terlihat lembut, tetapi area ini paling sering tegang dan otot-otonya serasa mencengkeram tubuh, bagian ini memiliki hubungan dengan eosi yang terbatas atau pelepasan. maka masalh-masalah terkait kendali diri dan kekuatan ditanggung bagian ini.

Jika otot lutut sakit….

Otot-otot bagian ini berhubungan dengan lutut, anda biasa menggunakannya saat merunduk atau meloncat tinggi. jadi, otot lutut yang tegang menandakan tubuh anda sudah waktunya beristirahat.

paha dan otot lutut menanggung konflik di masalah lalu, seperti trauma saat masih kecil, rasa marah, atau dendam. Area ini juga berkaitan dengan masalah seksualitas dan keintiman.

Makana

Posted by: titienimawati | July 2, 2009

Makanan Pereda Stress

Brokoli

Makanan yang kita konsumsi berpengaruh besar terhadap perasaan kita sehari-hari. Beberapa penelitian menunjukan betapa makanan bisa mempengaruhi suasana hati dan tingkat stress kita.

Jika anda berniat mengurangi stress, mengapa tidak mencoba memasukkan beberapa jenis makanan berikut dalam menu sehari-hari.

  1. 1. Sushi

Rumput laut memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. salah satunya magnesium, yang mampu melawan kegelisahan.

Kita memang bukan orangJepang, tetapi restaurant yang menyajikan makanan jepang tak lagi sulit ditemukan. terlebih sushi bukan makanan yang sulit dibuat di rumah.

Sushi

  1. 2. Cantalaupe

Buah melon berdaging oraye itu mengandung vitamin C yang sangat penting untuk memerangi stress.

  1. 3. Bluberi

Keluarga beri ini sangat kaya antioksidan dan vitamin C. Keduanya mampu mengurangi stress.

  1. 4. Almond

Vitamin dalam almond merupakan pereda stress yang jitu, yakni vitamin B2,Vitamin E, Magnesium, dan zinc.

  1. 5. Brokoli

Penuh dengan vitamin B yang dikenal sebagai pereda stress. Brokoli juga mengandung folic yang terbukti mengurangi stress, gelisah, panic dan depresi.

Posted by: titienimawati | July 2, 2009

Keajaiban Air bagi Tubuh

air

Selain oksigen, air merupakan nutrisi terpenting bagi tubuh. Air kita butuhkan untuk mengeluarkan zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh, membantu pencernaan, bahkan bisa mengurangi berat badan.

Idealnya kita minum delapan gelas sehari. itu untuk memastikan bahwatubuh mendapat semua manfaatnya. jangan tunggu kita merasa haus, tanda bahwa kita mengalami dehidrasi.

Saat dehidrasi, otak sulit membedakan antara lapar dengan haus. saat perut berbunyi sore hari sebenarnya tanda bahwa kita kekurangan air.

Dehidrasi ditandai dengan sakit kepala, konsentrasi buruk, kelelahan, konstipasi dan kulit kering. Tubuh kita memang menyimpan sedikit persediaan air. namun bila kita tidak cukup mengisisnya , terntu persediaan itu akan habis.

warter

Inilah keajaiban air bagi tubuh kita:

  1. 1. Membantu proses pencernaan, asimilasi, dan penyerapan nutrisis. Tanpa air yang cukup, kita tidak akan mendapat manfaat penuh nutrisi dari makanan.
  2. 2. Membantu proses pembuangan toksin dari ginjal dan produk sisa pencernaan agar tidak menumpuk dan mengganggu fungsi ginjal serta alat pencernaan. ini yang menyebabkan kita lemas dan sakit.
  3. 4. Membuat awet muda karena air menjaga kelembaban kulit sehingga terlihat lebih muda, Air juga merupakan pelumas alami untuk persediaan dan jaringan.
  1. Meningkatkan daya kerja otak.

Jika bosan dengan rasa air, tambahkan air jeruk lemon atau jeruk nipis. boleh juga ditambah beberapa irisan timun.

Posted by: titienimawati | July 2, 2009

Efek Dari Kehilangan Gigi

gigi

Ada ungkapan lebih baik sakit hati daripada sakit gigi, apalagi saat kita sendiri yang mengalaminya. Selain akan mempengaruhi kegiatan rutin kita sehari-hari, tentunya akan ada dampak-dampak lain, seperti ingin marah, geram, kesal terhadap orang lain, meskipun mereka sendiri tidak bermaksud berbuta kesalahan terhadap kita. Maka jangan anggap remeh sakit gigi tersebut.

Demikian halnya apabila kita kehilangan gigi-gigi anterior, tentunya kita akan segera minta dibuatkan gigi penggantinya ke dokter gigi langganan kita agar penampilan kita tampak selalu menarik seperti semula. Nah, bahkan kehilangan gigi anterior dapat menimbulkan efek psikologis pada penderitanya karena secara estetika dapat mengganggu dan dapat mengurangi rasa percaya diri kita. Lain halnya apabila kita kehilangan gigi-gigi posterior, karena pada sebagian orang masih dapat mentoleransinya dengan menunda kunjungannya ke dokter gigi langganan mereka selama belum menimbulkan keluhan.

Namun sayangnya hingga sekarang masih banyak anggapan bahwa kehilangan gigi susu secara dini merupakan hal yang tidak perlu dirisaukan, karena pada akhirnya gigi susu juga akan tanggal dengan sendirinya. Ternyata anggapan ini tidak selalu benar, karena dengan kehilangan gigi susu anterior, kemungkinan besar anak-anak akan menjadi bahan ejekan teman-temannya karena mempunyai gigi yang ompong. Padahal anak-anak  pun ingin senantiasa tampil menarik dan cantik. Hal ini tentunya akan mempengaruhi segi kejiwaan bagi si anak tersebut secara tak langsung.

Kehilangan gigi susu yang diakibatkan oleh suatu proses kerusakan dan disertai dengan rasa sakit, tentunya merupakan suatu pengalaman yang tidak menyenangkan bagi si anak. Biasanya orang tua akan segera mengajak anaknya ke dokter gigi apabila keadaan sudah seperti itu. Umumnya anak-anak pun merasa takut untuk memeriksakan giginya ke dokter gigi.

Gigi susu posterior berfungsi sebagai penahan ruangan bagi gigi permanen yang akan tumbuh. Pada umumnya gigi geraham permanen pertama akan tumbuh tepat dibelakang gigi susu posterior terakhir sekitar umur 6 tahun, dan apabila gigi susu posterior ini tanggal sebelum waktunya, tentunya akan mempengaruhi posisi dari gigi geraham permanen pertama yang akan tumbuh.

Gigi geraham permanen pertama tersebut akan tumbuh menyimpang dari posisi yang normal, yaitu tumbuh terlalu ke depan dan akan menyisakan sedikit ruangan bagi gigi permanen lainnya yang seharusnya tumbuh didepan gigi geraham permanen pertama, sehingga kemungkinan gigi akan tumbuh secara tumpang tindih dibagian anterior. Akibatnya susunan gigi tampak kurang menarik dan sulit dibersihkan. Walaupun hal ini tidak selalu terjadi, namun alangkah baiknya apabila kita dapat mempertahankan gigi susu sampai waktunya untuk tanggal secara normal.

Nah, sekarang bagaimana halnya dengan kehilangan gigi permanen? Kehilangan gigi permanen akan mengakibatkan gigi didekatnya bergeser atau tumbuh miring ke arah ruang kosong, sehingga mengakibatkan terbentuknya celah antara gigi yang bergeser tadi dengan gigi tetangganya. Hal ini memungkinkan makanan dapat tertimbun kedalam celah tersebut sehingga menimbulkan hal yang tidak menguntungkan pada gusi disekitarnya. Pada beberapa kasus, posisi gigi yang berubah dapat menyebabkan pola menggigit berubah. Disamping itu gigi-gigi dari rahang berlawanan akan modot mengisi ruang kosong tersebut dan akan membatasi pergerakan mengunyah. Kehilangan sebagian maupun seluruh gigi posterior akan mempengaruhi proses mengunyah, dimana dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan fungsional dari system pengunyahan.

Namun kejadian kehilangan beberapa gigi tidak akan selalu menjadi hal yang menakutkan bagi kita. Misalnya pada orang yang memerlukan perawatan meratakan gigi, maka terkadang dokter gigi melakukan pencabutan pada gigi yang cukup sehat dengan tujuan untuk mendapatkan ruang dalam memperbaiki posisi dari gigi-gigi anterior yang saling menumpuk tersebut. Contoh yang lain misalnya pada gigi geraham permanen ketiga yang posisi tumbuhnya miring oleh karena tidak cukup ruangan, terkadang perlu dilakukan pencabutan sebelum menimbulkan keluhan.

Mengingat efek negative dari kehilangan gigi, maka lebih baik kita mencegah terjadinya kehilangan gigi tersebut dengan cara mempertahankan gigi asli yang ada selama gigi tersebut masih memungkinkan untuk dilakukan perawatan. Kalaupun gigi terpaksa harus dicabut juga, sebaiknya segera dilakukan perawatan lanjutan dengan dibuatkan gigi palsu atau gigi tiruan (gigi tiru lepasan maupun gigi tiruan cekat).

Disinilah dokter gigi memiliki peranan yang cukup penting, karena dokter gigilah yang mendiagnosis secara tepat, serta memberikan saran-saran terbaik kepada kita. Apakah gigi kita masih dapat dipertahankan atau memerlukan perawatan, segeralah berkonsultasi ke dokter gigi sebelum terlambat. ( Sumber; Majalah BCA Prioritas )

Posted by: titienimawati | June 18, 2009

Tertawa Mempertajam Daya Ingat

Tertawa pict2Tertawa adalah salah satu ekspresi kegembiraan. Menurut beberapa sumber, tertawa juga dapat menghilangkan stress. Jadi patut disyukuri apabila kita memiliki banyak teman yang punya selera humor tinggi sehingga kita harus sering tertawa. Atau banyaknya acara televisi yang menyajikan komedi yang dapat membuat kita terbahak-bahak. Tetapi tahukah anda bahwa tertawa memiliki manfaat positif lainnya dari sekedar penghilang stress?

Menurut Sondra Kornblatt dalam bukunya ‘Brain at Any Age: The Holistic Way to Improve Your Memory, Reduce Stress, and Sharpen Your Wits, tertawa benar-benar membuat hidup kita lebih baik. Ia juga menambahkan tentang getology, bidang ilmu baru yang meneliti manfaat tertawa dalam kehidupan seseorang.

Kesimpulannya, tertawa membuat orang merasa lebih sehat serta membantu seseorang mendapatkan tidur nyenyak. Itu karena tertawa menyebabkan kelenjar pituitary melepaskan zat untuk menekan rasa sakit.

Berikut ini adalah beberapa manfaat tertawa bagi kita:

§ Menurunkan tekanan darah

§ Meningkatkan daya respons sel pembunuh tumor dan kanker seperti Gamma-interfron dan sel T.

§ Melatih kebugaran otot diafragma, perut, pernapasan, wajah, kaki, dan punggung.

§ Meningkatkan sirkulasi serta pengiriman oksigen dalam darah

§ Melindungi tubuh dari infeksi pernapasan, bahkan bisa mengurangi frekuensi terkena flu.

§ Mempertajam daya ingat dan belajar

§ Meningkatkan kewaspadaan, kreatifitas, dan daya ingat. Tertawa pict

Nah, ternyata untuk mempertajam daya ingat tidak perlu biaya mahal bahkan sangat mudah dilakukan bukan? hanya dengan menonton program komedi ditelevisi atau sering berada dalam lingkungan orang-orang yang berselera humor.

Posted by: titienimawati | June 16, 2009

Makanan Oraganik dan Manfaatnya

Older Posts »

Categories